Bagarius yarrelli/Ngangai-kelaling-lika

Bagarius yarrelli

bagarius

Bagarius yarelli adalah ikan jenis catfish dia memiliki nama sebutan lokal Ngangai, kelaling, lika atau Giant Devil Catfish, Goonch, Pla Kaey, Sand Shark.Ikan ini bisa ditemukan di asia tenggara dan asia selatan,tersebar di Indonesia Sumatera Jawa dan Kalimantan, sungai gangga dan kali (india),sungai pharaya (thailand),sungai mekong,sungai merah vietnam sampai malaysia juga.Dari semua keluarga Bagarius, jenis B. bagarius memang paling banyak ditemukan di Indonesia. Penduduk setempat, di Pulau Jawa, menyebut ikan ini sebagai ikan kelaling.Ikan ini tidak begitu disukai karena dagingnya cepat busuk sehingga bisa menimbulkan penyakit.

Ikan lele ini juga pernah dilaporkan ditemukan di sungai kapuas dan musi,dijawa barat dan bali.Sayang kondisi air di indonesia kusunya jawa dan bali sangat menurun dan mengakibatkan ikan ini terancam punah atau bahkan mungkin sudah punah saat ini (di jawa dan bali).

Bagarius yarelli berasal dari zaman eocen,fosil tertu ditemukan di Indonesia (sumatra) dan India.

Dari data penelitian yang ada, Bagarius yarrelli punya empat jenis saudara lainnya, yakni Bagarius bagarius (dapat tumbuh mencapai 20 sentimeter),Bagarius suchus (70 sentimeter), Bagarius rutilus (1 meter), dan Bagarius gigas. Namun, dari semua jenis itu, Bagarius yarrelli berukuran tubuh paling jumbo,dapat mencapai panjang 2 meter.

Ikan ini tinggal di air agak dingin dan berarus agak kencang. pH kisaran (7,2-7,6). Rentang suhu 18,0-23,0 ° C (64,4-73,4 ° F).Dengan struktur sungai berbatu-batuan.

Makanan bagarius yarelli adalah serangga air tawar,ikan kecil_kecil,udang dll.

Leave a comment